About Us

Lodaya Bandung, Dari Blog Pribadi Bertema Kereta Api Indonesia jadi Situs Online Shop dan Referensi Jalan Jalan di Indonesia

Perjalanan Lodaya Bandung memang dimulai dari Blog pribadi bertema Kereta Api Bandung dan Kereta Api Indonesia, namun siapa sangka Lodaya Bandung kini berubah total jadi situs Online Shop dan referensi jalan-jalan di Indonesia.

Sebagai Online Shop, Lodaya Bandung jualan Merchandise Kereta Api Indonesia termasuk diantaranya Kaos Kereta Api. Kenapa jualannya nggak jauh-jauh dari kereta api? Karena Lodaya Bandung nggak mau begitu saja melepas identitasnya sebagai blog kereta api Bandung dan kereta api Indonesia, sekalipun bukan lagi sekedar blog pribadi.

Secara tulisan tema Kereta Api Bandung dan Kereta Api Indonesia sendiri tetap bisa dinikmati di situs yang kini tampil dengan wajah baru ini. Apalagi nama “Lodaya” sendiri terinspirasi dari nama kereta api yakni Kereta Api Lodaya rute Bandung-Solo Balapan dan Kereta Api Lokal Bandung Raya yang kalo disingkat pun namanya jadi Lodaya. Meski sama-sama Lodaya, jenis kereta api tetap jadi pembeda satu dan lainnya. Kereta Api Lodaya rute Bandung-Solo Balapan itu salah satu kereta api ekspres jarak jauh dengan layanan kereta bisnis (K2) dan eksekutif (K1), adapun Kereta Api Lodaya singkatan Lokal Bandung Raya statusnya kereta api lokal atau komuter yang tarifnya cuma Rp 5.000,00 di rute Padalarang-Cicalengka PP.

Blog Jalan Jalan di Indonesia

Lodaya Bandung dikembangin lebih lanjut jadi Blog Jalan Jalan di Indonesia, atau dengan kata lain referensi traveling atau referensi jalan-jalan di Indonesia. Hal tersebut juga nggak bisa lepas dari kereta api sebagai moda transportasi yang bisa dipake buat jalan-jalan di Indonesia, meski sekarang masih terbatas di Pulau Jawa dan sebagian Sumatera. Sedangkan kalo mau menjangkau wilayah lainnya harus naik kapal laut atau pesawat.

Melengkapi fungsi blog Jalan Jalan di Indonesia, Lodaya Bandung menyediakan fasilitas booking hotel online, kerja bareng Agoda (affiliate). Traveling atau jalan jalan pastinya perlu penginapan, kecuali cuma sekedar joyride yang umumnya pulang hari.

Sejarah Panjang Online Shop

Sebagai blog, Lodaya Bandung baru berusia satu tahun, tapi sebagai online shop cikal bakal Lodaya Bandung itu udah ada di tahun 2005 dan sempat beberapa kali mengalami yang namanya on-off process. Puncaknya di 2014 online shop akhirnya mati suri.

Kini online shop tersebut coba dihidupkan kembali. Jualannya sih nggak sama kaya dulu. Online shop yang baru dibawah bendera Lodaya Bandung jualan Merchandise Kereta Api Indonesia kaya gantungan kunci, kaos, mug, stiker dan sejenis. Memang lagi dikaji lebih lanjut apakah produk-produk yang sama kaya jualan tahun 2014 dulu bisa dijual di Lodaya Bandung.

Advertisements