Lodaya Bandung

ご乗車歓迎 (Go Jōsha Kangei)

Assalamualaikum warohmatullohi wa barokatuh. Selamat datang di Lodaya Bandung Official Website. Ini adalah rumahnya Railfans Bandung dan Indonesia. Khusus bahas tentang kereta api Bandung, Indonesia hingga Jepang. Traveling by train atau ngetrip kereta juga dibahas di sini. Karena tema di sini ialah kereta api dan railfans.

Ada Inspirasi Baru Hari ini?

ka-pangandaran-si-raja-priangan

KA Pangandaran, Si Raja Priangan

KA Pangandaran merupakan pengembangan sekaligus perpanjangan rute dari Kereta Api Argo Parahyangan. Jika sebelumnya cuma main di Gambir-Bandung, kali ini diperpanjang sampe Stasiun Banjar (BJR).…
Read More


Lodaya Bandung

Lodaya Bandung: Inspiration of Railfans

Inilah visi besar Lodaya Bandung yang berlaku mulai 2019. Terutama setelah kembali ke khitahnya sebagai situs kereta api. Biar gimanapun juga awal mula eksis dengan tema kereta api. Walaupun asalnya cuma blog pribadi.

Diakui memang dengan maksud pengen berkembang dengan mengusung tema diluar kereta api. Namun ternyata itu semua nggak terlalu diminati. Karena image sebagai situs kereta api udah terlanjur melekat di masyarakat. Lebih-lebih para railfans atau pecinta kereta api. Maka dari itu, akhirnya kita balik lagi ke asal.

Bukan sekedar balik lho, disini kita juga mengusung satu visi. Inspiration of Railfans, yaitu sumber inspirasi para Railfans. Caranya nggak lain terus update segala hal tentang kereta api. Mau kereta api Bandung, Indonesia, bahkan Jepang. Termasuk disini juga trip report naik kereta api. Nggak hanya itu, Lodaya Bandung juga jadi komunitas Railfans di Daop 2 Bandung.


Save Railfans Indonesia (SRI)

Komunitas yang dibentuk untuk mengakomodasi Railfans dari luar Daop 2 Bandung. Seperti udah disebut, image sebagai situs kereta api udah sangat melekat.

Visi “Inspiration of Railfans” diusung. Salah satunya dalam bentuk komunitas. Masalahnya, Lodaya sangat identik sama Daop 2 Bandung.

Karena itu dibentuklah Save Railfans Indonesia (SRI) untuk menampung para Railfans dari luar Daop 2.

Para Pecandu Kereta (PPK)

Awalnya cuma sekedar parter atau mitra kerja. Dalam bentuk WhatsApp Group. Para Pecandu Kereta (PPK) kemudian masuk ke dalam struktur.

Karena saling membutuhkan satu sama lainnya. PPK akhirnya merambah Instagram. Lewat IG @pecandukereta sebagai akun repost.

Kini PPK dikembangkan jadi sub-komunitas dibawah Lodaya Bandung.

Advertisements