Posted on

(Video) Dari Bekasi ke Purwakarta naik Kereta Api Argo Parahyangan Premium

Kereta Api Argo Parahyangan Premium inilah aktor utama munculnya meme “Argo Kok Ekonomi” karena baru pertama kali ada kereta argo tapi rangkaiannya full ekonomi (K3) walaupun premium. Video berikut kaya semacam trip report naik kereta tersebut, sebenarnya sih nyampe abis tapi dibagi dua. Bagian pertama dari Bekasi ke Purwakarta naik Kereta Api Argo Parahyangan Premium. 

Dari segi tiket memang sebanding sama fasilitasnya dan jelas beda banget sama gerbong ekonomi biasa yang kapasitas 106 penumpang. Begitu juga sama K3 2016 yang sempat “didemo” di change.Org gara-gara jarak antar kursinya kelewat sempit. Cukup bayar Rp 90.000,00 kamu udah bisa ngerasain sensasi naik Kereta Api Argo Parahyangan Premium dari Gambir ke Bandung.

Kereta Api Argo Parahyangan Premium berhenti di Stasiun Bekasi, Stasiun Purwakarta dan Stasiun Cimahi. Tersedia tarif parsial buat kamu yang cuma kepengen naik di rute pendek dari Gambir ke Bekasi atau sebaliknya. Tapi dengan syarat harus beli langsung di stasiun, entah di loket atau vending machine, 2 jam sebelum berangkat.

Adapun kalo ambil rute ke Purwakarta (denger-denger bisa sih pake parsial tapi nggak tau juga ya), itu tetap dihitung full Rp 90.000,00 seperti ke Cimahi atau Bandung. Tiketnya bisa kamu booking via website KAI, aplikasi KAI Access dan Channel External lainnya kaya di sini >> BOOKING KA ARGO PARAHYANGAN PREMIUM

Kereta Api Argo Parahyangan Premium
90.000
KA ARGO PARAHYANGAN PREMIUM 7058
Berangkat Bekasi (BKS), 08.22 WIB
Tiba Purwakarta (PWK), 09.25 WIB
 
KA ARGO PARAHYANGAN PREMIUM 7060
Berangkat Bekasi (BKS), 18.33 WIB
Tiba Purwakarta (PWK), 19.34 WIB
Kereta Api Argo Parahyangan Premium
90.000
KA ARGO PARAHYANGAN PREMIUM 7059
Berangkat Purwakarta (PWK), 15.54 WIB
Tiba Bekasi (BKS), 16.55 WIB
 
 
 
 

Dari Bekasi ke Purwakarta

Sebenarnya ini video trip dari Bekasi ke Bandung, tapi karena kendala kuota di YouTube dan mimin juga tau kalo kamu nggak betah lama-lama mantengin YouTube (15 menit aja udah kelamaan). Untuk nyiasatin itu jadilah videonya dibagi 2 jadi “Bekasi-Purwakarta” sama “Purwakarta-Bandung”.

Dikasih judul “Argo kok Ekonomi #1: KA Argo Parahyangan Premium (Bekasi-Purwakarta)” dan “Argo Kok Ekonomi #2: KA Argo Parahyangan Premium (Purwakarta-Bandung)“. InSyaaAlloh yang mau dibahas sekarang bagian pertama dulu ya, Dari Bekasi ke Purwakarta.

Seperti yang udah diinfo di awal, Kereta Api Argo Parahyangan Premium berhenti di Stasiun Bekasi. Jadi buat kamu yang tinggalnya di daerah Bekasi atau Jakarta Timur yang kebetulan lebih dekatnya ke Bekasi, nggak perlu jauh-jauh ke Stasiun Gambir. Cukup naik dari sini aja. Memang sih kalo ngomong soal fasilitas Stasiun Bekasi masih kalah sama Stasiun Gambir, yang punya area komersial.

Paling adanya Indomaret di Jalan H. Djuanda (percis depan pintu selatan Stasiun Bekasi) sama di Jalan Perjuangan sebelah Stasiun Bekasi, dimana pintu utamanya ada di sini. Tapi keunggulannya kamu nggak perlu ngerasain kemacetan Jakarta di pagi hari, terutama di jam sibuk.

Dari Bekasi ke Purwakarta pemandangannya sih masih biasa-biasa aja. Nggak seistimewa dari Purwakarta ke Bandung. Jalur disini mah kebanyakan masih datar-datar aja. Paling pemandangannya sebagain hamparan sawah yang ada di sekitar Cikarang sama Karawang. Toh nggak sedikit juga yang udah berganti rupa jadi kawasan pemukiman.

Pastinya kita akan ngelewatin perpanjangan lintasan KRL yang semula cuma nyampe Bekasi jadi ke Cikarang. Rencananya bakal dibikin 4 jalur supaya KRL Commuter Line nggak banyak ngalah sama KAJJ, salah satunya Kereta Api Argo Parahyangan Premium.

Berangkat Stasiun Bekasi, pastinya kita akan melintas Jembatan Kali Bekasi, yang pernah jadi saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. Dimana 90 prajurit Jepang dibantai di pinggir kali Bekasi dan semua persenjataannya dirampas sama pejuang. Percis di depannya ada Monumen Kali Bekasi. InSyaaAlloh nanti akan dibahas sendiri tentang sejarah Jembatan Kali Bekasi.

Kereta terus melaju sampe ngelewatin Stasiun Bekasi Timur yang baru, khusus pemberhentian KRL Commuter Line jurusan Cikarang. Setelah itu baru masuk Stasiun Tambun yang masih dalam tahap renovasi dan modernisasi. Nah disini Kereta Api Argo Parahyangan Premium nyusul Kereta Api Container yang ditarik lok CC 206 punya Dipo Jatinegara.

Abis Stasiun Tambun, Kereta Api Argo Parahyangan Premium terus melaju melewati Stasiun Cibitung, Stasiun Telagamurni yang masih dibangun, dan Stasiun Cikarang sebagai terminus KRL Commuter Line jalur biru (blue line). Di semua stasiun ini jelas nggak berhenti. Berturut-turut lagi lewat Cikarang Dry Port (nah mungkin Container yang tadi mau ke sini atau mungkin bablas ke Gedebage atau Surabaya).

Masuk daerah Kedunggedeh kita bakal ngelewatin lagi satu peninggalan sejarah yakni Jembatan Tanjungpura di atas Sungai Citarum Kabupaten Karawang. Sama kaya Jembatan Kali Bekasi, Jembatan Tanjungpura juga punya cerita berkaitan sama sejarah perjuangan Kemerdekaan Indonesia.

Di masa Agresi Militer Belanda ke-1, jembatan ini sempat mau dihancurin sama pejuang cuma sayang segala upaya peledakan gagal karena keburu diserang sama pesawat tempur milik Belanda, hingga akhirnya cuma bisa ngejalanin lokomotif kosong tanpa gerbong untuk ditabrakin ke kereta yang bawa tentara Belanda dengan kerusakan yang nggak terlalu signifikan.

Selepas Jembatan Tanjungpura, tentu kita akan masuk Stasiun Karawang. Disini kereta Api Argo Parahyangan Premium juga melintas langsung terus sampe ke Stasiun Dawuan, tempat sisa rangkaian gerbong kaki seribu (K3076 eks MCW 301) bekas Kereta Api Langsam punya Daop 1 masih ada, hingga ke Stasiun Cikampek.

Stasiun paling timur di Daop 1 Jakarta ini merupakan percabangan jalur ke arah Surabaya via Semarang yang semuanya udah double track, sama jalur ke Bandung (selatan). Disini juga ada kuburan bekas lokomotif diesel yang udah nggak kepake lagi, salah satunya sang legenda BB 301.

Persiapan Masuk Stasiun Purwakarta.

Mulai masuk wilayah Daop 2 Bandung, Stasiun Cibungur jadi yang pertama dilewatin. Rencananya disini bakal dibikin shortcut arah Stasiun Tanjungrasa Kabupaten Subang (Daop 3) tujuannya buat mempersingkat waktu tempuh kereta api dari Bandung ke Surabaya via Semarang. Saat ini ada 2 kereta dari Bandung ke Pantura yakni Kereta Api Ciremai Ekspres dan Kereta Api Harina.

Keduanya masih harus muter lokomotif dulu di Stasiun Cikampek, selama shortcut masih dalam tahap pembangunan. Belum jelas gimana kelanjutan proyek ini, yang jelas sampe video dan postingan ini dibikin, jalur yang udah disiapin kaya terbengkalai (istilah lainnya mangkrak gitu) dan ditumbuhi rerumputan.

Oke, udah ya dari Stasiun Cibungur, announcer mulai nginfoin bahwa Kereta Api Argo Parahyangan Premium nggak lama lagi mau nyampe Stasiun Purwakarta dan penumpang yang pengen turun di situ diminta siap-siap. Kereta Api Argo Parahyangan Premium nyempet papasan sama Kereta Api Argo Parahyangan 31 dari Bandung ke Gambir yang pake idle Harina (nama lainnya Goparina).

Kereta Api Argo Parahyangan Premium melintas Stasiun Sadang yang sekarang non-aktif dan penuh corat coret dan akhirnya tibalah di Stasiun Purwakarta. “Monumen” bekas KRL Ekonomi Jabodetabek seolah menyambut kedatangan Kereta Api Argo Parahyangan Premium dan penumpangnya yang bertujuan akhir Purwakarta. Inilah akhir bagian pertama, InSyaaAlloh lanjut bagian ke-2 “Purwakarta-Bandung”.

Kereta dari Bekasi ke Purwakarta

Kereta Api Argo Parahyangan Premium bisa jadi salah satu alternatif kereta dari Bekasi ke Purwakarta dan sebaliknya. Selain tentunya buat jalan-jalan ke Bandung. Cuma ada sedikit catatan, Kereta Api Argo Parahyangan Premium yang dari Purwakarta ke Bekasi tersedia 1 trip saja yakni KA 7059, berangkat dari Stasiun Purwakarta jam 15.54 nyampe Bekasi jam 16.55 WIB.

Harga tiketnya Rp 90.000,00 sama kaya full trip dari Bekasi ke Bandung atau sebaliknya. Belum jelas apa ada tarif parsial kereta dari Bekasi ke Purwakarta dan sebaliknya di Kereta Api Argo Parahyangan Premium yang tiketnya bisa dibooking maksimal 2 jam sebelum berangkat. Jadi kamu bisa booking online seperti biasa dengan tarif normal Rp 90.000,00 di sini >> BOOK NOW, KERETA DARI BEKASI KE PURWAKARTA, ARGO PARAHYANGAN PREMIUM

Pemesanan tiket kereta dari Bekasi ke Purwakarta, Kereta Api Argo Parahyangan Premium, inSyaaAlloh bisa dilayani mulai H-30 dan 24 jam secara real time online. Nggak perlu lagi bikin repot admin, termasuk buat pembayarannya juga bisa pake Internet Banking BCA, Virtual Account BCA dan Kartu Kredit. Mau transfer bank kaya biasa juga bisa. Langsung aja ke sini >> BOOK NOW, KERETA DARI BEKASI KE PURWAKARTA, ARGO PARAHYANGAN PREMIUM

Advertisements

Leave a Reply