Posted on

Trip Report Kereta Api Jayabaya 2: Gunung Ciremai Diselimuti Awan

Cirebon ke Tegal memang nggak terlalu jauh, meski demikian kita bisa menikmati pemandangan Gunung Ciremai dari kejauhan selepas Stasiun Cirebon Prujakan (CNP). Fase kedua Trip Report Kereta Api Jayabaya melewati view itu meski gunung tertinggi di Jawa Barat tersebut diselimuti awan. 

Lanjutin postingan sebelumnya, Trip Report Kereta Api Jayabaya 1: Jakarta ke CIrebon, kita udah nyampe di Stasiun Cirebon Prujakan (CNP). Artinya tanpa terasa 1/3 perjalanan udah dilewati mulai dari Stasiun Jakarta Pasar Senen (PSE), nyempet berhenti di Stasiun Karawang (KW), Cikampek (CKP) dan Jatibarang (JTB) dengan 2 spot yaitu kuburan kereta afkir Stasiun Cikaum dan Sungai Cimanuk.

Di fase pertama itu kereta api Jayabaya BLB di Stasin Cirebon Kejaksaan (CN). Kenapa BLB? Nungguin antrian masuk Stasiun Cirebon Prujakan (CNP). Kereta Api Jayabaya nggak punya jadwal berhenti di Kejaksaan. Satu-satunya kereta api ekonomi yang berhenti di situ cuma Kereta Api Singosari (Pasar Senen-Blitar). Setelah BLB Selama kurang lebih 7 menit, kereta langsung bergerak ke Stasiun Cirebon Prujakan (CNP).

Gunung Ciremai Diselimuti Awan di Kejauhan.

Lumayan lama sih Kereta Api Jayabaya ngetem di Stasiun Cirebon Prujakan (CNP). Penumpang dari Jakarta ada yang turun di sini, begitu juga yang naik dari sini lumayan banyak. Beberapa kursi yang tadinya kosong mulai terisi penumpang sampe penuh. Banyak yang manfaatin lamanya waktu berhenti buat melepas lelah dan meniup cerutu (admin nggak lho karena bukan perokok, hehehe). Duduk kelamaan kan capek ya.

Sempet kepikiran turun sebentar di Stasiun Cirebon Prujakan (CNP) buat beli kopi, tapi karena nggak lama lagi Kereta Api Jayabaya mau berangkat akhirnya nggak jadi deh. Balik lagi dan coba cari minuman yang ada di restorasi dan dipilihlah Hot Chocolate. Soal harga sih memang sedikit lebih menguras isi dompet, tapi nggak apalah, daripada risiko ditinggal kereta.

Dari Stasiun Cirebon Prujakan (CNP), hamparan sawah mulai menyambut. Nggak banyak foto bisa diambil di sekitaran Cirebon. Kebetulan posisi jendela yang didudukin admin paling kesorot matahari. Sampe akhirnya ketemu satu pemandangan menakjubkan, apalagi kalo bukan Gunung Ciremai.

01 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 2 (CIREBON TEGAL) - HAMPARAN SAWAH

02 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 2 (CIREBON TEGAL) - HAMPARAN SAWAH 2

Siapa yang nggak kenal Gunung Ciremai. Inilah gunung tertinggi di Jawa Barat dan nomor 3 di Pulau Jawa. Jadi tujuan favorit pendakian, bisa dipuncakin dari 3 jalur: Apuy (Majalengka), Patulungan (Kuningan) dan Linggarjati. Biasanya pendaki yang mau muncak di situ naik bus ke arah Kuningan atau Majalengka. Tapi ada juga kok yang pilih naik kereta api dan turun di Stasiun Cirebon (CN) atau Cirebon Prujakan (CNP).

03 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 2 (CIREBON TEGAL) - GUNUNG CIREMAI

Konon, Gunung Ciremai menyimpan kisah mistis. Katanya di sini pernah jadi tempat Sunan Gunung Jati melakukan semacam meditasi. Juga ada sosok Nyi Lingga yang dianggap penunggu. Bahkan pernah ada kisah pendaki asal Bekasi bernama Utis, bersama teman-temannya, tersesat 3 hari setelah muncak di sini dalam kondisi kehabisan bekal.

Kisah tentang petualangan si Utis dkk yang tersesat lebih lengkap bisa dibaca di sini >> MENGALAMI MISTERI DI GUNUNG CIREMAI TERSESAT SELAMA 3 HARI

Tol Brebes dan Insiden Brexit yang (Sempat) Fenomenal

Nggak kerasa Kereta Api Jayabaya udah nyampe Stasiun Brebes (BB). Disini kereta melintas langsung karena nggak ada jadwal pemberhentian dan nggak lagi BLB. Dari situ kita disuguhi lagi pemandangan hamparan sawah sampe akhirnya ketemu akses tol Brebes.

04 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 2 (CIREBON TEGAL) - STASIUN BREBES 1

05 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 2 (CIREBON TEGAL) - STASIUN BREBES 2

06 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 2 (CIREBON TEGAL) - STASIUN BREBES 3

Akses tol Brebes ini sempat jadi fenomena di tahun 2016. Ceritanya waktu itu Jalan Tol Cipali baru aja diperpanjang sampe ke Brebes dan pengguna bisa manfaatin jalan tol Trans Jawa itu sampe ke Brebes, setelah sebelumnya cuma bisa sampe Palimanan. Sayang karena banyak yang mau nyoba akhirnya jalan tol pun macet parah sampe berhari-hari. Bahkan sampe ada yang meninggal dunia gara-gara terlalu banyak menghirup Karbon Monoksida (CO).

07 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 2 (CIREBON TEGAL) - TOL BREBES INGET BREXIT 2016

Insiden yang dikenal dengan Insiden Brexit (Brebes Exit atau exit Tol Brebes). Selain makan korban jiwa, gara-gara insiden yang pemberitaannya sampe ke luar negeri inipun berujung pergantian posisi Menteri Perhubungan. Kenapa bisa macet parah gitu, ya karena volume kendaraan sangat tinggi, belum lagi orang Bandung yang biasa lewat jalur selatan malah ikut-ikutan nyobain tol baru ini.

Pemandangan selanjutnya nggak jauh beda dari sebelumnya. Belum ada lagi yang istimewa, masih nggak jauh-jauh dari hamparan sawah sampe Kereta Api Jayabaya nyampe Stasiun Tegal (TG).Ok sampe disini dulu ya Part-2 dari Trip Report Kereta Api Jayabaya Jakarta-Cepu. InSyaaAlloh lanjut ke bagian akhir Trip Report Kereta Api Jayabaya 3: Tiba di Daop 4 Semarang. Start dari Stasiun Tegal (TG).

08 TRIP REPORT KERETA API JAYABAYA 2 (CIREBON TEGAL) - SAWAH LAGI KALI INI DI BREBES

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *