Posted on

Tiket Kereta Api Lodaya Bisnis Parsial 65 Ribu

Buat kamu yang pengen nikmati sensasi nyepur sepanjang koridor Priangan Timur dari Bandung ke Banjar di kelas bisnis, tersedia tiket kereta api Lodaya Bisnis dengan tarif parsial Rp 65.000,00. Syaratnya harus beli langsung di stasiun maksimal 2 jam sebelum berangkat.

Yuk abadikan sebelum benar-benar hilang. Jangan lupa populasi gerbong kelas bisnis makin hari makin menyusut. Sebagian besar dikonversi jadi gerbong barang dan ada juga yang diupgrade jadi kelas eksekutif (retrofit). Walaupun cuma di rute pendek, itu juga sangat berarti lho, apalagi kalo kelak benar-benar digantikan kelas ekonomi premium.

Masih ada kelas bisnis di Kereta Api Lodaya

Salah satu rangkaian kereta api yang masih menyediakan layanan kelas bisnis ialah Kereta Api Lodaya, rute Bandung – Jogjakarta – Solo Balapan PP. Secara waktu awal beroperasinya sendiri full kelas bisnis, waktu itu namanya masih Kereta Api Fajar Padjadjaran (keberangkatan pagi) sama Kereta Api Senja Mataram (keberangkatan malam).

Harga tiket kereta api Lodaya Bisnis paling murah Rp 140.000,00 dan batas atasnya Rp 215.000,00. Harga tersebut kadang mengalami kenaikan di masa-masa liburan, mulai cuma Rp 5.000,00 sampai nyaris 40% seperti di masa angkutan Lebaran. Tarif berlaku sama untuk semua rute, termasuk dari Bandung ke Priangan Timur.

Kemahalan dong? Padahal Priangan Timur kan nggak jauh-jauh amat dari Bandung? Sepintas memang mahal dan jauh banget dibanding moda transportasi lain. Tapi jangan lupa kereta api punya keunggulan paling mendasar yakni bebas macet, bebas ngetem berjam-jam, bebas pengamen dan asongan.

Tarif Parsial Rp 65.000,00 khusus Priangan Timur

Buat kamu yang kepengen jalan-jalan aman, cepat dan nyaman tapi dengan budget murah, kamu nggak perlu khawatir. Tersedia tarif parsial Rp 65.000,00 di Kereta Api Lodaya Bisnis khusus koridor Priangan Timur (dari Bandung ke Cipeundeuy, Tasikmalaya dan Banjar). Harga segitu malah lebih murah daripada beberapa kereta api ekonomi jarak jauh untuk tujuan yang sama.

Tapi buat dapetin tarif parsial Rp 65.000,00 itu jelas nggak bisa booking via channel external. Syaratnya kamu harus beli langsung atau go show di stasiun maksimal 2 jam sebelum keberangkatan. Karena sekali lagi tujuan diadainnya tarif parsial itu buat maksimalkan kapasitas kereta api jarak jauh yang sering nggak keisi penuh terutama di hari-hari kerja atau low season.

Secara minat nyepur ke Priangan Timur sendiri juga masih ada terutama buat mereka yang ogah macet-macetan di jalur Nagreg, atau nggak nyaman sepanjang perjalanan akibat ngetem berjam-jam atau keberadaan tukang ngamen, asongan dan sejenisnya.

Dulu sih pernah ada Kereta Api Galuh sama Kereta Api Priangan Ekspres yang khusus ke Banjar, tapi karena okupasinya minim dan malah jadi penyumbang defisit di PT.KAI, keduanya harus purnatugas.

Jadilah PT.KAI berusaha mengoptimalkan rangkaian yang ada buat rute Priangan Timur. Kebetulan kereta api jarak jauh ke arah Jawa Tengah, Jogja dan Jawa Timur nggak begitu rame di low season sehingga PT.KAI coba memanfaatkan kursi kosong itu buat segmen Priangan Timur dan diberlakukanlah tarif parsial Rp 65.000,00 untuk Kereta Api Lodaya bisnis dengan syarat dan ketentuan tadi.

 

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.