Posted on

Tiket Kereta Api Lebaran 2018

Inilah dia yang dinanti-nanti sama kamu semua, Tiket Kereta Api Lebaran 2018, InSyaaAlloh mulai bisa dibooking mulai 8 Maret 2018 (keberangkatan H-10). Yuk siapin segalanya untuk berburu tiket buat mudik ke kampung halaman. 

Salah satu ritual tahunan yang udah pasti nggak akan pernah terlewat, yakni mudik lebaran ke kampung halaman. Pastinya buat mudik butuh yang namanya moda transportasi. Salah satunya kereta api, yang jadi favorite kebanyakan pemudik tiap tahunnya.

Di masa lalu namanya mudik naik kereta pasti identik sama yang namanya umpel-umpelan di gerbong. Boro-boro mikirin dapat kursi, bisa masuk ke dalam gerbong aja udah bagus, meskipun di dalam toilet. Di masa itu kamu tau lah toilet sering mampet, kebayang deh gimana rasanya kamu di dalam ruang sempit yang muat 1 orang tapi berjejal 3 orang berikut menahan bau pesing sepanjang perjalanan.

Itu dulu, mulai 2012 nggak ada lagi fenomena kaya gitu. PT. Kereta Api Indonesia mulai meniadakan tiket berdiri. Semua penumpang pasti dapat tempat duduk (tiket dijual sesuai kapasitas kereta). Nggak hanya itu setiap calon penumpang wajib menyertakan identitas karena mulai berlaku sistem check in.

Sekarang mudik lebaran semakin nyaman. Semua rangkaian kereta api udah ber-AC, termasuk kereta api ekonomi reguler, bahkan yang ini malah jadi favorit setiap mudik Lebaran. Banyak yang berburu tiket kereta api ekonomi karena ongkosnya lebih murah. Makanya jangan heran paling cepat habis. Di Daop 2 Bandung sendiri, Kereta Api Kahuripan dan Kereta Api Kutojaya Selatan paling diminati.

Sejak 2014

Lodaya Bandung sendiri udah melayani pemesanan tiket kereta api lebaran sejak tahun 2014. Jadi gini waktu pertama kali dirintis (dengan nama Khoibar Tour and Travel), langsung dihadapin sama momen ini, pemesanan tiket kereta api Lebaran 2014. Waktu itu perjuangan benar-benar berat. Jam 00.00 WIB teng sistem KAI langsung nggak bisa diakses. Ini berlangsung cukup lama. Eh sekalinya bisa tiket udah pada ludes.

Pernah juga sekali waktu, kalo nggak salah pas pemesanan tiket kereta api Lebaran Tambahan, dari mulai midnight sampe hampir Maghrib, sistem KAI benar-benar mati. Untungnya waktu itu ada pelanggan yang booking tiket kereta api Lodaya Tambahan buat ke Solo Balapan dan langsung kebagian. Adapun pemesan tiket kereta api ekonomi udah jelas gigit jari.

Di 2015 (mulai bawa bendera Manglayang Tour lewat sub divisi Tiket Kereta Api Bandung), keadaan mulai membaik meski masih nggak jauh beda sama tahun sebelumnya. Masuk jam 12 malam teng server KAI tetap susah di akses, dan sekalinya masuk tiket habis terutama tiket kereta api ekonomi reguler dari Jakarta. Untuk tambahannya alhamdulillah udah lebih baik, nggak ada lagi cerita seharian nge-down.

Begitu juga di tahun 2016 dan 2017, sebagian besar pemesan yang booking lewat kami berhasil terangkut kereta api, meski ada juga yang harus gigit jari karena nggak kebagian tiket. Malah di 2017 kita mulai berlakuin sistem “down payment” dimana pelanggan wajib setor uang tanda jadi sebesar 50% dari total harga tiket keseluruhan. Sistem ini sebagai tahap awal pemberlakuan wajib bayar dimuka.

Bukan apa-apa, di 2016 kita banyak kecolongan. Karena ngebolehin calon penumpang bayar belakangan jadi ada aja 1-2 orang yang akhirnya nggak jadi naik kereta. Kaya gini jelas ngerugiin banget. Makanya kita mau berlakuin sistem “wajib bayar di muka”.

2018 Pake Online dan/atau Bayar Di Muka.

Untuk pemesanan tiket kereta api Lebaran 2018, InSyaaAlloh kita akan kembali melayani kamu sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Cuma di 2018 ini nggak ada lagi sistem down payment 50% seperti tahun lalu. Disini kita cuma kasih kamu 2 pilihan: Booking Online atau via WhatsApp 081288857831 dengan ketentuan wajib bayar di muka 100%.

Sama satu lagi, booking via WhatsApp atau secara offline cuma kita adain khusus Tiket Kereta Api Lebaran aja, untuk yang reguler atau diluar tiket kereta api Lebaran wajib online. Malah yang Lebaran 2018 kalo boleh jujur sih kita lebih suka kamu booking online, ya bukannya apa-apa, karena kalo online kan pembayarannya lebih beragam. Sementara offline cuma bisa transfer doang yang (lagi-lagi) kamu wajib bayar di muka 100%.

Terus kalo mau booking online gimana caranya? Klik aja di sini >>> BOOK NOW 

Sama satu lagi, kita seperti biasa jualan apapun di sini nggak cuma manis-manisin kamu (supaya beli gitu, hehehe….) tapi yang pahitnya juga harus dijelasin. Meski booking online banyak kemudahannya, kamu tetap mesti berjuang keras karena begitu jam 00.00 WIB sistem KAI seperti biasa nge-down

 

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *