Posted on

Ternyata Kereta Api Argo Parahyangan Bisnis Masih Ada

Walapun statusnya cuma fakultatif dan tambahan yang jelas Kereta Api Argo Parahyangan Bisnis masih ada dan bisa kamu nikmati, sebelum semuanya benar-benar hilang diganti sama Premium.

Khawatir bakal kehilanngan kereta api Argo Parahyangan bisnis (K2) mulai ada waktu pertama kalinya titisan sang legenda itu dapat limpahan gerbong K3 2016 dari Kereta Api Mutiara Selatan yang balik lagi jadi kereta api bisnis (sekarang jadi campuran eksekutif-bisnis).

Itu sebagai jawaban atas protes warganet terhadap K3 2016 yang dianggap nyiksa penumpang jarak jauh karena jarak antar kursinya terlalu sempit. Anggapan itu nggak salah karena faktanya memang demikian. Sempit dengkul jadi mepet ke kursi di depannya ditambah kursinya tegak paten nggak bisa distel mirip bus bumel.

K3 2016 cocoknya buat jarak pendek sama menengah, kaya Kereta Api Argo Parahyangan, pokoknya buat perjalanan dibawah 4 jam. Bayangin aja dari Bandung ke Malang lebih dari 14 jam dengkul kita kejepit gitu.

Nyaris Kehilangan Kelas Bisnis

Tapi ada konsekuensi dari limpahan gerbong K3 2016 ex-Mutiara Selatan itu. Kereta Api Argo Parahyangan nyaris kehilangan kelas bisnis yang udah ikonik sejak zamannya Parahyangan. Malah ketika diluncurkan pertama kali tahun 1971, kereta api Parahyangan full bawa 6 gerbong kelas bisnis.

Kelas eksekutif (K1) baru mulai ada di pertengahan 1980-an. Itu juga sifatnya masih fakultatif dan baru rutin ditarik di tahun 1988. Sampai sebelum pensiun dan diterusin Argo Parahyangan, sang legenda selalu bawa 2 gerbong eksekutif reguler (satwa) dan 4 gerbong bisnis.

Ketika Kereta Api Argo Parahyangan mulai dinas 2010 formasinya 3-4 gerbong kelas eksekutif argo bekasan Argo Gede dan 2-3 gerbong kelas bisnis ex-Parahyangan. Dalam perkembangannya, formasi tadi cuma ada di jam-jam tertentu, selebihnya 4 eksekutif argo dan 1 bisnis.

Sampai di bulan November 2016, kelas bisnis diganti ekonomi K3 2016 yang menuai protes sampai dibikinin petisi, formasinya berubah jadi 4 eksekutif argo dan 4 ekonomi K3 2016. Meskipun begitu kita masih bisa menikmati layanan Kereta Api Argo Parahyangan Bisnis, tapi cuma di weekend aja.

Sabtu, Minggu, Senin Pake Idle Kereta Api Harina dan Kereta Api Senja Utama Solo

Kereta Api Argo Parahyangan Bisnis InSyaaAlloh masih bisa kamu nikmati setiap hari Sabtu, Minggu dan Senin. Meski demikian, rangkaian kelas bisnisnya bukan asli kepuyaan titisan sang Legenda, tapi pinjam rangkaian kereta api Harina dan kereta api Senja Utama Solo yang kebetulan idle atau nggak jalan di siang hari.

Berikut jadwal lengkap Kereta Api Argo Parahyangan Bisnis

A. KEBERANGKATAN SABTU – MINGGU

KA Argo Parahyangan 31 (Bandung – Jakarta Gambir)

Berangkat Stasiun Bandung 07.35 WIB // Tiba Stasiun Bekasi 10.13 WIB // Stasiun Jatinegara 10.32 WIB //  Stasiun Gambir 10.50 WIB

KA Argo Parahyangan 32 (Jakarta Gambir – Bandung)

Berangkat Stasiun Jakarta Gambir 11.30 WIB // Stasiun Bekasi 12.02 WIB // Stasiun Purwakarta Tiba 13.06 WIB / Berangkat 13.18 WIB // Tiba Stasiun Bandung 14.53 WIB

B. KEBERANGKATAN MINGGU

KA Argo Parahyangan Tambahan 10347 (Bandung – Jakarta Pasar Senen)

Berangkat Stasiun Bandung 15.25 WIB // Stasiun Cimahi 15.38 WIB // Tiba Stasiun Bekasi 18.04 WIB // Stasiun Jatinegara 18.23 WIB // Stasiun Jakarta Pasar Senen 18.36 WIB

KA Argo Parahyangan Tambahan 10386 (Jakarta Pasar Senen – Bandung)

Berangkat Stasiun Jakarta Pasar Senen 11.00 WIB // Stasiun Bekasi 11.26 WIB // Stasiun Purwakarta Tiba 12.32 WIB / Berangkat 12.35 WIB // Tiba Stasiun Cimahi 14.05 WIB // Stasiun Bandung 14.17 WIB

C. KEBERANGKATAN SENIN 

KA Argo Parahyangan 21 (Bandung – Jakarta Gambir)

Berangkat Stasiun Bandung 06.30 WIB // Stasiun Cimahi 06.42 WIB // Tiba Stasiun Bekasi 09.10 WIB // Stasiun Jatinegara 09.30 WIB // Stasiun Jakarta Gambir 11.50 WIB

KA Argo Parahyangan 24 (Jakarta Gambir – Bandung)

Berangkat Stasiun Jakarta Gambir 10.30 WIB // Stasiun Bekasi 11.02 WIB // Tiba Stasiun Cimahi 13.29 WIB // Stasiun Bandung 13.39 WIB

Harga tiket Kereta Api Argo Parahyangan Bisnis Rp 95.000,00, buat kamu yang mau booking tiketnya bisa langsung ke sini KA ARGO PARAHYANGAN BISNIS, BOOK NOW 

Yuk, Nikmati Selagi Masih Ada

Nah selagi masih ada Kereta Api Argo Parahyangan Bisnis yuk kita nikmati, meski boleh pinjam rangkaian kereta api lain yang kebetulan disitu masih ada kelas bisnis. Tapi kita juga harus ingat karena sekarang gerbong kelas bisnis udah nggak diproduksi lagi dan PT. INKA bakal lebih banyak produksi gerbong Premium K3 2017

Gerbong Premium inilah yang nantinya bakal gantiin semua gerbong kelas bisnis yang masih ada, meski tentu saja bertahap nggak sekaligus, sama kaya K3 2016 dulu yang pertama kali dicoba di 3 rangkaian kereta api full K2.

Dalam perkembangannya, K3 2016 ternyata dipakein juga di Kereta Api Ambarawa Ekspres (Semarang Tawang – Surabaya Pasar Turi), Kereta Api Kaligung (Tegal-Semarang Poncol), dan Kereta Api Menoreh (Jakarta Pasar Senen – Semarang Tawang) yang sebelumnya pake rangkaian K3 reguler 106 penumpang dan ombak biru (K3 2012 / K3 2014).

Soon or later, kelas bisnis di Kereta Api Harina dan Kereta Api Senja Utama Solo bakal digantiin Premium. Makanya selagi masih kelas bisnis ayo kita nikmati dan abadikan bikin fotonya buat kenang-kenangan. Buat anak cucu kita supaya mereka tau kalo dulu ada gerbong kelas bisnis (K2) sebelum Premium.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.