Posted on

Kereta Api Argo Parahyangan Eksekutif Tetap Laris

Biarpun masih banyak kekurangan, Kereta Api Argo Parahyangan Eksekutif tetap laris dan diminati. Tiketnya malah lebih sering habis duluan daripada kelas ekonomi yang gerbongnya lebih baru.

Kereta Api kembali jadi primadona di jalur Priangan Barat terutama setelah jalan Tol Cikampek dan Cipularang sering macet. Kemacetan itu efeknya jelas bikin lama waktu tempuh dari Jakarta ke Bandung dan sebaliknya, yang normalnya 3 jam gara-gara macet bisa sampe 5 jam.

Continue reading Kereta Api Argo Parahyangan Eksekutif Tetap Laris

Advertisements
Posted on

3 Gerbong Kereta Api Argo Parahyangan Ekonomi

Selain K3 2016 dan K3 2017 alias Premium, ternyata Kereta Api Argo Parahyangan juga “punya” gerbong ekonomi 106 penumpang yang cuma ada di weekend dan hari Senin doang.

Kaya nggak abis-abis ya ngomongin Kereta Api Argo Parahyangan, titisan legenda yang sekarang mulai punya layanan kelas ekonomi. Padahal di zamannya Parahyangan dulu belum pernah sekalipun ada layanan kelas ekonomi atau kelas 3 (tiga) di era PNKA/PJKA. Malah waktu awal dinas tanggal 31 Juli 1971 layanan kereta api Parahyangan full K2 (bisnis).

Continue reading 3 Gerbong Kereta Api Argo Parahyangan Ekonomi

Posted on

Kereta Api Argo Parahyangan Kelas Eksekutif

Gerbongnya boleh uzur tapi tetap diminati malah nyaris nggak pernah sepi peminat. Kebayang kalo kereta api Argo Parahyangan kelas Eksekutif pake K1 2016. Mungkin aja makin banyak lagi peminatnya.

Ada sedikit anomali di rangkaian kereta api Argo Parahyangan kelas eksekutif. Kalo kita perhatiin, gerbong yang dibawa sering kaya kurang terawat. Karena boleh jadi Kereta Api Argo Parahyangan sendiri durasinya cuma 3 jam jadi lebih sering dapat gerbong sisaan, sementara yang agak lebih bagus dialokasi buat kereta api jarak jauh ke arah Timur.

Continue reading Kereta Api Argo Parahyangan Kelas Eksekutif

Posted on

Kereta Api Ekonomi Bandung Jakarta

Tadinya cuma ada 1 kereta api, tapi sejak Kereta Api Argo Parahyangan dapat limpahan gerbong K3 2016 tanggal 13 Maret 2017, Kereta Api Ekonomi Bandung Jakarta sekarang jadi lebih banyak. Beda di jenisnya aja.

Dilihat dari sejarahnya koridor Bandung Jakarta memang hampir bisa dibilang belum pernah dilayani kereta api ekonomi dan selalu identik sama kereta api yang kelasnya lebih elite. Di zaman Belanda aja, status De Vlugge Vier yang jadi cikal bakalnya Kereta Api Parahyangan setara Endasche Express, sebuah rangkaian kereta api termewah di zamannya karena dilengkapi kereta tidur di rute Batavia-Surabaya.

Begitu juga waktu Kereta Api Parahyangan pertama kali dinas tanggal 31 Juli 1971 walaupun layanannya kereta api bisnis (K2) full. Sementara cikal bakalnya Kereta Api Serayu baru jalan tahun 1985.

Continue reading Kereta Api Ekonomi Bandung Jakarta

Posted on

Kereta Api Argo Kok Ekonomi ? Bukan Hal Baru!

Baru-baru ini sebagian pengguna dikejutkan sama rangkaian kereta api Argo Parahyangan Tambahan yang ternyata kelas ekonomi semuanya. Memang sih ekonominya premium, tapi sebagian ngerasa janggal aja, kok bisa-bisanya kereta api argo tapi kelasnya ekonomi? Padahal sebenarnya itu bukan hal baru karena dulu juga pernah ada.

Apalah arti sebuah nama? Mungkin pepatah yang satu ini pas buat rangkaian Kereta Api Argo Parahyangan yang memang lain daripada yang lain. Biasanya kereta api argo selalu identik sama kelas eksekutif nan mewah, bahkan kemewahannya bisa menyaingi pesawat, tapi rangkaian yang sehari-harinya melayani warga Bandung yang mau ke Jakarta dan sebaliknya ini benar-benar beda. Kereta Api Argo Parahyangan, argo tapi ada kelas ekonominya, meski bukan ekonomi 106 penumpang.

Continue reading Kereta Api Argo Kok Ekonomi ? Bukan Hal Baru!