Posted on

PLB Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan Stainless Steel

Udah jadi “kereta sejuta idle” karena kebanjiran peminat, sekarang ada satu lagi PLB Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan pake rangkaian terbaru K1 18 berbody stainless steel. Fasilitasnya beda banget sama kereta eksekutif pada umumnya. Sementara dinas sampe 30 April 2018.

Baru-baru ini PT.KAI datangin sejumlah rangkaian kereta baru dari PT.INKA Madiun berbody stainless steel yang terdiri dari kelas eksekutif (K1 18), kelas ekonomi premium (K3 18), kereta makan terbaru MP1/3-18 sampe kereta pembangkit. Sempat diujicoba di awal tahun 2018 dan kini mulai didinasin sebagai PLB Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan

PLB Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan Stainless Steel (1/6) Foto 1. PLB Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan Stainless Steel

PLB = Pemberangkatan Luar Biasa

Kok PLB? Berarti nggak reguler dong? Iya, kereta ini sementara dinas sampe 30 April 2018. Awalnya sih mulai 1 Maret 2018 s.d. 31 Maret 2018. Cuma karena peminatnya tinggi dan masih menunggu kereta mana yang bakal digantiin armada baru ini, masa dinas sebagai PLB Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan diperpanjang. Terlebih rute Bandung-Jakarta sekarang lagi booming akibat jalan tol yang nyaris selalu dilanda kemacetan parah.

Pertama kali diluncurin 1 Maret 2018, PLB Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan mengusung brand “Argo Parahyangan New Image”. Apalagi selama ini kereta eksekutif yang biasa dipake Kereta Api Argo Parahyangan Reguler kebanyakan udah mulai uzur. Memang sih masih angkatan 2002 yang pernah didinasin di Kereta Api Argo Gede. Cuma kondisinya udah nggak sebagus waktu masih dinas Argo Gede.

Banyak fasilitas dari K1 2002 Kereta Api Argo Parahyangan Reguler mulai nggak normal kaya pintu otomatis yang sekarang diganti manual, meja lipat kadang nggak ada, foot rest malah kadang kursinya juga goyang dan lainnya. Mau dibilang bulukan juga memang demikian adanya. Mulai banyak kekurangan di sana sini. Makanya begitu ada K1 18 Stainless Steel langsung mengusung “New Image”.

PLB Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan Stainless Steel (2/6) Foto 2. Rangkaian K1 18 terbaru berbody Stainless Steel, “Argo Parahyangan New Image”

Bablas ke Stasiun Kiaracondong (KAC)

Ada yang beda di PLB Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan Stainless Steel yakni keberangkatan pagi itu bablas sampe Stasiun Kiaracondong (KAC). Ini tentu saja nguntungin kamu yang tinggalnya lebih dekat ke Stasiun Kiaracondong daripada Stasiun Bandung. Ditambah lagi image Stasiun Kiaracondong (KAC) sebagai “homebase” kereta api ekonomi udah terlanjur melekat.

Tapi kali ini kedatangan kereta api eksekutif terbaru K1 18 sebagai PLB Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan berbody Stainless Steel. Nggak tanggung-tanggung memang, sekalinya didatengin eksekutif langsung yang paling baru, bukan lagi yang lama.

Memang bagus juga sih Kereta Api Argo Parahyangan ada yang bablas dan berangkat dari Stasiun Kiaracondong (KAC). Jadi bisa ngurangin beban Stasiun Bandung (BD). Ya, stasiun di pusat Kota Bandung itu memang udah keteteran menampung sejumlah kereta. Apalagi di weekend dimana kepadatan didominasi sama kereta api rute Bandung-Jakarta (Gambir maupun Pasar Senen).

Begitu juga kapasitas Dipo Kereta Api Bandung (BD) di sebelah barat Stasiun Bandung kesulitan nampung rangkaian kereta api. Sampe-sampe Kereta Api Lodaya aja harus dimutasi ke Dipo Solo Balapan (SLO) karena di Bandung udah terlalu padat. Makanya satu keberangkatan PLB Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan akhirnya dibablasin sampe Stasiun Kiaracondong (KAC).

Fasilitas K1 18 Stainless Steel

Ngomong-ngomong soal PLB Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan Stainless Steel, rasanya kurang lengkap kalo nggak sekalian ngebahas fasilitas yang ada di K1 18 Stainless Steel secara umum. Ada banyak perbedaan di sini. Selain kursi yang beda sama kereta eksekutif biasa, di K1 18 Stainless Steel body-nya lebih besar meski nggak pake beludru (Foto 3 dan 4). Meja lipatya ada motif kayu, jadi nggak full plastik (Foto 5).

Restorasinya juga beda sama di kereta lain. Kebanyakan diset kaya semacam bar. Nah di kereta makan terbaru berbody Stainless Steel ini ada single table yang kursinya 2 berhadapan (foto 6)

PLB Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan Stainless Steel (3/6) Foto 3. Interior K1 18 Stainless Steel (foto dari belakang)

PLB Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan Stainless Steel (4/6) Foto 4. Interior K3 18 Stainless Steel (foto dari depan)

PLB Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan (5/6) Foto 5. Meja lipat di K1 18 Stainless Steel

PLB Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan Stainless Steel (6/6) Foto 6. Kereta Makan atau restorasi.

Advertisements

One thought on “PLB Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan Stainless Steel

  1. […] begitu ada kereta baru yang didinasin sebagai PLB Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan, udah gitu body-nya stainless steel, langsung deh jadi “Argo Parahyagan New Image” […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *