Posted on

Pertama Kali naik PLB Kereta Api Argo Parahyangan Stainless Steel

Coba merasakan pengalaman pertama naik PLB Kereta Api Argo Parahyangan Stainless Steel. Kereta eksekutif terbaru buatan PT.INKA Madiun. Sayang karena sebagian besar perjalanannya abis matahari tenggelam, cuma dari Gambir ke Bekasi aja yang berhasil di shoot. Selebihnya cuma fasilitas yang ada di K1 18. Meski demikian ada satu yang nggak terlupakan yakni announcer telat ngumumin kereta masuk Stasiun Cimahi (CMI). 

Setelah sempat beberapa kali tertunda, akhirnya berhasil juga naik dan ngerasain sensasi kereta api eksekutif terbaru buatan PT. INKA Madiun (K1 18) berbody stainless steel. Kereta ini memang beda banget sama kereta ekesekutif lainnya. Selain body stainless steel yang anti karat dan tahan sama cuaca hujan atau panas, kursi di dalam lebih enak meski bukan beludru, meja lipat lebih elegan, dan guncangan lebih minim daripada kereta lainnya.

Kamis, 22 Maret 2018, admin mencoba naik kereta terbaru yang didinasin sebagai PLB Kereta Api Argo Parahyangan Tambahan atau Kereta Api Argo Parahyangan Stainless Steel. Begitu orang nyebutnya secara body-nya memang terbuat dari stainless steel.

Perjalanan Malam

Kebetulan PLB Kereta Api Argo Parahyangan Stainless yang dinaikin admin berangkat dari Stasiun Gambir (GMR) jam 17.02 WIB dan nyampe di Stasiun Bandung (BD) jam 20.19 WIB. Rencana awal pengen bikin kaya trip report, yang isinya nggak jauh-jauh dari stasiun yang dilewatin sama moment-moment apa aja yang terjadi sepanjang perjalanan selama kurang lebih 3 jam 17 menit tersebut.

Cuma sayangnya, karena selepas Stasiun Bekasi (BKS) matahari mulai tenggelam sehingga menyulitkan admin buat ngambil video stasiun yang dilewatin atau moment di sepanjang perjalanan. Maka jadilah cuma sebatas perjalanan dari Stasiun Gambir ke Stasiun Bekasi aja yang bisa divideoin.

Ya, nggak sedikit kok orang yang memilih naik Kereta Api Argo Parahyangan dari Gambir ke Bekasi, karena disediain tarif parsial sebesar Rp 40.000,00. Segitu udah lumayan dibanding naik Taksi Online yang bisa nyampe 100 ribuan lebih karena rush hour atau naik KRL Commuter Line yang kondisinya kamu bisa tebak kaya gimana setiap jam pulang kantor.

Perjalanan dari Gambir ke Bekasi ngelewatin Stasiun Gondangdia, Stasiun Cikini, Stasiun Manggarai, Stasiun Jatinegara, Bakal Dipo Kereta Api Cipinang, Stasiun Klender, Stasiun Buaran, Stasiun Klenderbaru, Stasiun Cakung dan Stasiun Kranji. Selepas Stasiun Gambir, PLB Kereta Api Argo Parahyangan Stainless melesat langsung melewati 9 stasiun tadi (di bakal Dipo mah nggak ada KRL berhenti) dan baru berhenti di Stasiun Bekasi.

Cepat banget bukan? Seolah mengingatkan admin sama KRL Bekasi Ekspres zaman dulu sebelum ada KRL Commuter Line, dari Stasiun Gondangdia langsung melesat ke Stasiun Klenderbaru, abis itu langsung Kranji dan Bekasi.

Fasilitas Kereta Eksekutif K1 18 Stainless Steel

Nggak bisa liat pemandangan karena perjalanan sebagian besar di malam hari dan langit udah gelap, sebagai gantinya fasilitas Kereta Eksekutif K1 18 Stainless Steel yang lagi dinas sebagai PLB Kereta Api Argo Parahyangan Stainless Steel akhirnya direview.

Mulai tempat duduk yang beda sama kereta eksekutif lainnya (sekilas mirip sama kursi bus Mercedez Benz OH), meja lipat motif kayu, colokan headset meski belum berfungsi optimal, sampe lampu baca. Cuma di pintu geser, K1 18 Stainless Steel ternyata manual. Ini beda banget sama kereta eksekutif yang pernah dipake sama Argo Gede dulu dimana pintunya otomatis (sekarang udah manual). Fasilitas standard kaya TV, Stop Kontak, dan Lampu Baca ada.

Announcer Telat

Ada kejadian lucu waktu PLB Kereta Api Argo Parahyangan Stainless mau nyampe di Stasiun Cimahi (CMI). Biasanya announcer udah ngasih info bahkan dari kereta udah bablas Stasiun Padalarang (PDL). Tapi ini announcer-nya baru ngasih tau justru pas kereta-nya udah nyampe di Stasiun Cimahi (CMI). Mulanya pake announcer dari kru –anti mainstream– ngasih tau udah nyampe Cimahi.

Nggak lama kemudian giliran announcer “kaset” yang biasa ngasih tau kereta nggak lama lagi nyampe Cimahi, padahal jelas-jelas udah nyampe di Cimahi. Mau tau kelucuannya? ada di Video, bisa di scroll ke atas. Giliran PLB Kereta Api Argo Parahyangan Stainless mau nyampe di Stasiun Bandung (BD), kejadian serupa nggak terulang lagi cuma announcer-nya ada dua, kru dan kaset.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.