Posted on

KRL Tokyu 8500 Series, Commuter Line Rasa Kereta Api Bisnis (K2) Jaman Old

KRL Commuter Line identik sama KRL full AC yang setiap harinya melayani penumpang Jabodetabek dan Rangkasbitung. Tapi ada pengecualian sama satu kereta yang justru lebih kerasa kipas angin daripada AC, yakni KRL Tokyu 8500 Series. Jadi berasa Kereta Api Bisnis (K2) Jaman Old.

Masih ngebahas seputar Kereta Api Bisnis (K2) yang soon or later bakalan tinggal kenangan, kali ini memang bukan gerbong K2-nya yang kita angkat, tapi sebuah rangkaian KRL Commuter Line jenis Tokyu 8618F, dari keluarga KRL Tokyu 8500 Series masih saudaranya 8613F “Jalita” yang harus pensiun dini dan istirahat di Stasiun Cikaum. Disini kita kaya sedikit ngerasain kereta api bisnis (K2) jaman old, waktu belum ber-AC dan masih pake kipas angin.

KRL Tokyu 8500 Series, Commuter Line Rasa Kereta Api Bisnis (K2) Jaman Old (1/2)

Didatengin Pas Masa Transisi

KRL Tokyo 8500 Series dibeli pas masa transisi pengelolaan KRL dari Divisi Jabodetabek ke PT KRL Commuter Jabodetabek (KCJ) atau Commuter Line. KRL ini datang secara bertahap, 3 rangkaian pertama tahun 2006 (8640F, 8608F, 8611F) disusul 2 rangkaian tahun 2007 (8607F, 8610F) dan 2 rangkaian di 2008 (8612F, 8618F). Terakhir tahun 2009 (8613F a.k.a. Jalita) sekaligus jadi pembelian pertama PT. KRL Commuter Jabodetabek.

Dua Pendingin Udara.

Ada keunikan di KRL Tokyu 8500 series, yakni punya dua pendingin udara, AC sebagai pendingin utama dan kipas angin sebagai pendingin bantuan. Cuma selama dinas di jalur KRL Commuter Line, justru kipas anginnya lebih terasa. Makanya KRL Tokyu 8500 series ini ngingetin kita sama era kelas bisnis (K2) sebelum dipasangin AC Split, ngandalin kipas angin buat penyejuk udara biar penumpangnya nggak kepanasan.

Meski kadang cuma kipasnya yang kerasa, jendela di KRL Tokyu 8500 Series sama sekali nggak bisa dibuka, udah full paten. Ini yang bedain KRL Buatan 1975 ini sama Kereta Api Bisnis (K2) jaman old, selain kipas kita masih bisa dapet asupan udara dari jendela yang dibuka sedikit.

KRL Tokyu 8500 Series, Commuter Line Rasa Kereta Api Bisnis (K2) Jaman Old (2/2)

Jalur Lingkar (Loop Line) / Yellow Line

Saat ini karena usia yang udah tua, armada KRL Tokyu 8500 Series berkurang, malah cuma seri 8618F aja yang keliatan masih dinas, itupun di jalur Lingkar (Loop Line) / Yellow Line dari Manggarai (MRI) ke Jatinegara (JNG) via Kampung Bandan (KPB). Traffic jalur lingkar memang nggak sepadat Jakarta Kota (JAKK)-Manggarai (MRI) via Gambir (GMR). Meski tujuan akhirnya masih tetap ke Bogor (BOO).

Bahkan armada pertama yang dibeli PT. KCJ (Sekarang KCI) terpaksa pensiun dini karena mengalami kerusakan dan kelangkaan suku cadang. KRL yang punya nama lain “Jalita” itu dirucat di Stasiun Cikaum bersama sejumlah KRL lainnya, terutama yang dulu pernah dinas sebagai KRL AC kaya Toei 6000 Series.

Makanya itu, sebagaimana Kereta Api Bisnis (K2) yang populasinya makin berkurang dan cepat atau lambat bakal hilang, jangan pernah sia-siakan kesempatan buat abadikan KRL Toei 8500 series yang masih tersisa.

Advertisements

Leave a Reply