Posted on

Kereta Api Wijaya Kusuma Ramaikan Jalur Kutarjo-Solo Balapan

Kehadiran Kereta Api Wijaya Kusuma makin meramaikan jalur kereta api antara Stasiun Kutoarjo dan Stasiun Solo Balapan. Bisa bantuin KRD Prameks yang kadang suka trouble. Jadi banyak pilihan.

KRD Prameks sejauh ini masih jadi andalan commuters di sepanjang jalur antara Kutoarjo-Jogja-Solo Balapan. Ditambah lagi feeder Kereta Api Kutojaya Selatan yang kebetulan pengen traveling hemat ke Jogja dan Solo, atau nggak kebagian kereta api langsung karena kehabisan tiket misalnya.

Cuma masalahnya, armada KRD Prameks kan rata-rata udah lumayan uzur, mayoritas rangkaiannya KRDE ex-BN Holec yang sejatinya merupakan rangkaian KRL buatan tahun 1990-an terus dimodifikasi jadi KRDE sama PT. INKA Madiun. Satu armada masih pake KRD MCW 302 buatan Nippon Sharyo Jepang. Ini malah udah di atas 30 tahun.

Makanya nggak jarang KRD Prameks trouble di tengah jalan. Udah gitu KRD kan nggak bisa digeber kaya kereta api biasa. Buat dijalanin aja mesinnya kudu panas dulu. Kalo KRD Prameks lagi trouble biasanya penumpang dipindah ke Kereta Api Joglokerto. Selain itu PT. KAI juga nyapin tarif parsial di KAJJ komersial kaya Kereta Api Lodaya.


Video Kereta Api Wijaya Kusuma Cilacap – Jogjakarta – Solo Balapan by Hamid Railfans PRP

Kereta Api Wijaya Kusuma Backup KRD Prameks

Sebenarnya dulu pernah ada KRD Madiun Jaya yang nge-backup KRD Prameks. Ini juga pake rangkaian KRDE (sekarang dipake Prameks). Sayang operasional KRD Madiun Jaya ternyata cuma 7 tahun dan harus pensiun dini di tahun 2016. Alasannya karena okupasi minim.

Padahal KRD Madiun Jaya bisa bantu mereka yang butuh lokalan dari Jogja sampe Madiun, selain backup KRD Prameks yang penumpangnya terus bertambah. Praktis setelah nggak ada lagi KRD Madiun Jaya, PT. KAI Daop 6 Jogja mau nggak mau terpaksa memaksimalkan KRD Prameks dan Kereta Api Sidomukti di jalur Jogja-Solo, selain Prameks rute Kutoarjo.

PT. KAI sempat meluncurkan Kereta Api Joglokerto rute Purwokerto-Solo Balapan 25 September 2015 sebagai pengembangan dari Kereta Api Joglo Ekspres. Status Kereta Api Joglokerto sendiri semi ekspres yang cuma berhenti di stasiun-stasiun besar dan sebagain stasiun kecil.

Kereta Api Joglokerto cukup membantu KRD Prameks. Pernah satu hari Prameks Kutoarjo trouble sebelum masuk Jogja, penumpangnya dioper ke Kereta Api Joglokerto. Cuma masalahnya Kereta Api Joglokerto itu nggak pake rangkaian sendiri.

Ya, Kereta Api Joglokerto manfaatin rangkaian Kereta Api Jaka Tingkir yang idle di siang hari, sama kaya Kereta Api Sidomukti pake idle Kereta Api Senja Utama Solo (belakangan rangkaian yang di Jakarta malah dipake buat memperkuat koridor Jakarta-Bandung, dinas sebagai Kereta Api Argo Parahyangan Bisnis Tambahan Fakultatif).

Itu artinya mereka susah buat bisa diandalin kaya KRD Prameks, harus nyaris tiap jam ada, karena khawatir bakal ganggu operasional Kereta Api Jaka Tingkir dan Kereta Api Senja Utama Solo.

Tanggal 26 September 2017 kemarin, PT. KAI meluncurkan Kereta Api Wijaya Kusuma rute Cilacap-Jogjakarta dan Cilacap-Solo Balapan. Awalnya Kereta Api Wijaya Kusuma hadir buat memenuhi kebutuhan masyarakat Cilacap Kota yang butuh angkutan kereta api, setelah Kereta Api Feeder Logawa berhenti beroperasi.

Karena ada 2 rute, pengguna KRD Prameks atau commuters sepanjang jalur Kutoarjo-Solo Balapan bisa manfaatin Kereta Api Wijaya Kusuma rute Cilacap-Solo Balapan. Tersedia 2 rangkaian yakni KA 10592 ke Solo Balapan dan KA 10557 ke Kutoarjo sampe Cilacap. Berikut jadwalnya:

A. KA Wijaya Kusuma 10592 rute Kutoarjo-Solo Balapan

  • Stasiun Kutoarjo // Berangkat 17.16 WIB
  • Stasiun Jogjakarta Tugu // Datang 18.05 WIB / Berangkat 18.10 WIB
  • Stasiun Lempuyangan // Datang 18.14 WIB / Berangkat 18.17 WIB
  • Stasiun Klaten // Datang 18.39 / Berangkat 18.42 WIB
  • Stasiun Purwosari // Datang 19.04 WIB / Berangkat 19.07 WIB
  • Stasiun Solo Balapan // Datang 19.13 WIB

B. KA Wijaya Kusuma 10557 rute Solo Balapan-Kutoarjo

  • Stasiun Solo Balapan // Berangkat 19.45 WIB
  • Stasiun Klaten // Datang 20.11 WIB / Berangkat 20.13 WIB
  • Stasiun Lempuyangan // Datang 20.35 WIB / Berangkat 20.38 WIB
  • Stasiun Jogjakarta Tugu // Datang 20.43 WIB / Berangkat 20.48 WIB
  • Stasiun Kutoarjo // Datang 21.40 WIB / Berangkat 21.44 WIB

Berapa harga tiket Kereta Api Wijaya Kusuma di jalur Kutoarjo-Solo Balapan? Nggak mahal kok, selama masa promosi sampe 29 Desember 2017, tarifnya dipatok Rp 50.000,00. Jogjakarta-Solo Balapan Rp 40.000,00. Sementara itu untuk Kutoarjo-Jogjakarta ada tarif parsial khusus Rp 25.000,00 yang cuma bisa go show langsung di stasiun 2 jam sebelum berangkat.

Memang lebih mahal sih daripada KRD Prameks, tapi kelebihannya Kereta Api Wijaya Kusuma pake rangkaian K3 2017 Premium atau ekonomi premium terbaru. Juga statusnya kereta api komersial sama kaya Kereta Api Joglokerto, sementara KRD Prameks tarifnya disubsidi.

Walaupun mahal, keberadaan Kereta Api Wijaya Kusuma secara umum lumayan ngebantu kok, sekaligus buat alternatif kalo lagi kepengen kenyamanan lebih. Ya, jelas Kereta Api Wijaya Kusuma jauh lebih nyaman daripada KRD Prameks dan cuma berhenti di stasiun besar sama stasiun kecil tertentu. Jadi wajar kalo semi-ekspres lebih mahal.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *