Posted on

Kereta Api Walahar Ekspres Masih Sampe Tanjung Priok

Per 8 Oktober 2017 KRL Commuter Line bablas ke Stasiun Cikarang, meski demikian operasional Kereta Api Walahar Ekspres belum berubah. Masih sampe Stasiun Tanjung Priok kaya biasa.

Sebelum KRL Commuter Line ke Stasiun Cikarang memang pernah ada wacana Kereta Api Walahar Ekspres rute Purwakarta-Tanjung Priok bakal dipotong rutenya jadi cuma sampe Stasiun Cikarang. Selanjutnya penumpang ke Tanjung Priok pindah naik KRL Commuter Line.

Tapi begitu resmi beroperasi per 8 Oktober 2017 belum ada perubahan operasional Kereta Api Walahar Ekspres. Rutenya masih sama kaya biasanya. Belum ada pemotongan. Paling nggak untuk sementara waktu karena armada KRL yang ke Cikarang sama dari Jakarta Kota ke Tanjung Priok masih terbatas.

Cikarang ke Bekasi dan Jakarta Kota

KRL Commuter Line Cikarang sendiri punya dua rute, ada rute pendek cuma sampe Stasiun Bekasi dan ada rute yang bablas sampe ke Stasiun Jakarta Kota. Nah, yang ke Beos (JAKK) dibagi lagi jadi 2 (dua) lewat Stasiun Manggarai (MRI) sama Jakarta Pasar Senen (PSE).

Untuk armadanya sendiri masih nggak jauh beda sama di jalur lain. Ya nggak jauh-jauh dari JR East 203, JR East 205, Tokyo Metro 6000 dan Tokyo Metro 7000. Formasinya mulai 8 sampe 12 rangkaian gerbong.

Sebenarnya sih udah ada rangkaian 14 gerbong tapi baru didinasin di jalur Bogor, sementara untuk jalur Bekasi sampe Cikarang paling panjang masih rangkaian 12 gerbong. Dari Bekasi ke Cikarang sendiri ngelewatin 3 stasiun: Stasiun Bekasi Timur, Stasiun Tambun dan Stasiun Cibitung.

Masih ada satu stasiun lagi sih, Stasiun Telagamurni, tapi belum selesai dibangun jadi sementara ya baru 3 stasiun itu dan yang kebetulan rumahnya di daerah Telagamurni bisa turun di Stasiun Cikarang.

Karena armada masih terbatas makanya Kereta Api Walahar Ekspres tetap dijalanin kaya biasa sampe Stasiun Tanjung Priok dan tetap melayani penumpang naik-turun dari Stasiun Cikarang dan Stasiun Tambung walaupun sekarang udah ada KRL Commuter Line berhenti di situ.

Cuma Satu Rangkaian di Tanjung Priok Line.

Kendala lainnya ialah di jalur Tanjung Priok itu sendiri yang sampe sekarang masih ngandalin armada KRL Kfw buatan PT. INKA Madiun. PT. Kereta Commuter Indonesia selaku operator KRL Commuter Line Jabodetabek memang alokasikan armada ini di koridor pendek yakni Jakarta Kota-Tanjung Priok dan Jakarta Kota-Kampung Bandan.

Saat ini KRL Kfw yang merupakan produksi bersama INKA-Bombardier ada dua armada yang aktif. Satu didinasin sampe ke Tanjung Priok dan satunya lagi cuma jadi feeder Kampung Bandan, gantiin KRL Djoko Lelono 2 dan Djoko Lelono 3 yang nggak lagi beroperasi.

Karena di jalur Tanjung Priok cuma dilayani satu rangkaian, jelas nggak bisa kalo Kereta Api Walahar Ekspres dan Kereta Api Jatiluhur Ekspres diberhentiin di Stasiun Cikarang untuk selanjutnya penumpang dioper ke KRL Commuter Line. Saat ini jumlah penumpang yang naik KRL dari Tanjung Priok memang nggak begitu banyak.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *