Posted on

Kereta Api Lokal Bandung Raya Sampe Purwakarta?

Normalnya rute Kereta Api Lokal Bandung Raya cuma Padalarang-Cicalengka PP, tapi kok ada ya yang nyampe Purwakarta? Memang ada sih, KA Lokal Purwakarta-Cicalengka juga sering disebut Kereta Api Lokal Bandung Raya.

Kalo kamu search di Google misalnya Stasiun Plered, disitu ada jadwal Kereta Api Lokal Bandung Raya, kok bisa ya? Bukannya cuma di koridor Padalarang-Cicalengka atau Bandung Raya doang? Betul, aslinya Kereta Api Lokal Bandung Raya melayani koridor itu dan jadi andalan Baraya Commuters.

Nah kalo gitu Kereta Api Lokal Bandung Raya yang nyampe Purwakarta itu yang mana ya? Itu KA Lokal Purwakarta Cicalengka, rutenya memang dari Purwakarta ke Cicalengka. Masing-masing ada satu keberangkatan yakni KA 360 dari Stasiun Purwakarta jam 04.20 WIB dan KA 359 dari Stasiun Cicalengka jam 19.30 WIB.

Jadwal KA Lokal Purwakarta Cicalengka bisa dilihat di sini “KA Lokal Purwakarta Cicalengka 2017

Adanya KA Lokal Purwakarta Cicalengka lumayan membantu warga Purwakarta yang mau ke Bandung dan sebaliknya. Selama ini rangkaian lokalan yang jadi andalan cuma Kereta Api Lokal Cibatuan aja, atau naik rangkaian KAJJ kaya Kereta Api Argo Parahyangan sama Kereta Api Serayu dengan konsekuensi merogoh kocek lebih dalam.

Konteks Daop 2 Bandung

Jadi gimana kita harus nyebut rangkaian kereta api lokalan ini? Kereta Api Lokal Bandung Raya atau KA Lokal Purwakarta Cicalengka? Mau nyebut dua-duanya juga nggak salah kok, tapi mungkin KA Lokal Purwakarta Cicalengka lebih pas mengingat kalo Bandung Raya itu refer-nya ke Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung dan Kota Cimahi.

Dari situ memang kurang pas, karena sepanjang jalur yang dilewatin, stasiun yang masih masuk wilayah Bandung Raya selepas Padalarang itu Cilame, Sasaksaat, Maswati, Rendeh dan Cikadondong. Semuanya masuk Kabupaten Bandung Barat. Batas wilayah Kabupaten Bandung Barat sama Kabupaten Purwakarta itu sungai Cisomang.

Cisomang-nya sendiri udah Purwakarta. Jadi dari Halte Cisomang sampe Stasiun Purwakarta itu termasuk Kabupaten Purwakarta. Memang kalo dari wilayah administratif agak kurang pas nama Kereta Api Lokal Bandung Raya karena adanya batas wilayah di Sungai Cisomang itu.

Sama juga kaya Kereta Api Lokal Cibatuan, baik keberangkatan dari Stasiun Purwakarta atau Stasiun Padalarang. Abis Stasiun Lebakjero yang sering jadi spot fotografi favorit railfans itu udah wialyah Kabupaten Garut.

Tapi kalo konteksnya Daop 2 Bandung boleh jadi tepat, karena KA Lokal Purwakarta Cicalengka total dinas di Daop 2 Bandung. Stasiun-stasiun yang dilewatin semuanya dibawah Daop 2 Bandung, termasuk yang di Kabupaten Purwakarta.

Beda sama Kereta Api Walahar Ekspres, meski bisa dibilang Lokalan Daop 2 Bandung, stasiun yang dilewatin dan disinggahi malah hampir semuanya di Daop 1 Jakarta, adapun Daop 2-nya cuma Stasiun Cibungur dan Stasiun Purwakarta. Gerbong sama Lokomotifnya juga punya Daop 1 Jakarta.

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *