Posted on

Kereta Api Ekonomi Bandung Jogja (3): Nyambung Kereta Api Logawa

Kereta Api Logawa juga bisa dipake buat alternatif kereta lanjutan ke Jogja (Kereta Api Ekonomi Bandung-Jogja). Jadi dari Kiaracondong (KAC) transit dulu di Kroya (KYA) atau Kebumen (KM) abis itu baru lanjut ke Wates (WT) atau Lempuyangan (LPN). 

Harusnya kereta api Logawa jadi kereta lanjutan buat kamu yang pengen nyobain sensasi kereta api ekonomi Bandung-Jogja naik Kereta Api Serayu via Stasiun Kroya (KYA). Sayang antara jadwal kereta api Serayu sama kereta api Logawa sama sekali nggak sinkron. Kereta Api Serayu nyampe Stasiun Kroya jam 07.21 WIB sementara Kereta Api Logawa berangkat jam 05.59 WIB. Jadi nggak nyambung.

Karena itu mau nggak mau kamu mesti tetap naik Kereta Api Kutojaya Selatan kalo mau lanjutin perjalanan ke Jogja naik Kereta Api Logawa. Entah turun di Stasiun Kroya (KYA), Stasiun Gombong (GB), Stasiun Kebumen (KM) atau Stasiun Kutoarjo (KTA). Abis itu baru lanjutin perjalananmu naik Kereta Api Logawa ke Jogja.

Kereta Api Ekonomi Bandung Jogja (3): Nyambung Kereta Api Logawa

Sekilas Kereta Api Logawa

Kereta Api Logawa melayani rute Purwokerto (PWT)-Jember (JR) via Surabaya Gubeng (SGU). Kereta Api ini mulai dinas tahun 1999. Awalnya menemani kereta api Purbaya (Purwokerto-Surabaya Gubeng) yang udah lebih dulu dinas sejak 1977. Dulu kereta api Logawa punya ritual putus nyambung di Stasiun Kroya (KYA).

Dari Jember, sebagian rangkaian kereta api Logawa dilepas di Stasiun Kroya, untuk selanjutunya dinas sebagai Kereta Api Feeder Logawa ke Cilacap (CP). Sebagian lagi lanjut ke Purwokerto. Begitu juga sebaliknya. rangkaian dari Stasiun Purwokerto ke Jember begitu berhenti di Kroya digabungin sama rangkaian dari Cilacap. Ritual ini berhenti di tahun 2011 karena kurang efisien dan ketiadaan lokomotif buat narik kereta api feeder ke Cilacap.

Nama Logawa diambil dari sungai Logawa di Kabupaten Banyumas. Awal dinas, Kereta Api Logawa termasuk kelas ekonomi plus, yang punya kelebihan lebih cepat dari ekonomi biasa, termasuk pendampingnya waktu itu, Kereta Api Purbaya. Keberadaannya bahkan memaksa sang legenda harus mengakhiri masa tugasnya di tahun 2002.

Sejak itu jadilah Kereta Api Logawa pemain tunggal rute Purwokerto-Surabaya-Jember. Sampe 1 November 2016 Kereta Api Ranggajati mulai dinas di rute Cirebon-Jember. Rutenya nyaris mirip sama Kereta Api Logawa dan akhirnya punya pendamping lagi. Bedanya Kereta Api Ranggajati bablas Cirebon, campuran eksekutif-bisnis, kelasnya lebih tinggi, dan tarifnya lebih mahal.

Lanjutan ke Jogja.

Kereta Api Logawa bisa dijadiin kereta lanjutan ke Jogja, karena punya jadwal pemberhentian di Stasiun Wates (WT), 08.10 WIB, dan Stasiun Lempuyangan (LPN), 08.42 WIB. Tentu yang sinkron jadwalnya sama Kereta Api Logawa ya Kereta Api Kutojaya Selatan. Berangkat dari Stasiun Kiaracondong jam 21.00 WIB.

Untuk cegat Kereta Api Logawa, kamu bisa turun di Stasiun Kroya (KYA), 02.47 WIB, Stasiun Gombong (GB), 03.39 WIB, Stasiun Kebumen (KM), 04.04 WIB, atau sampe abis di Stasiun Kutoarjo (KTA), 04.31 WIB. Tapi disaranin sih jangan turun di Stasiun Kutoarjo, karena tiket Kereta Api Logawa dari Kutoarjo ke Wates/Lempuyangan tetap dihitung Rp 77.500 (Rp 70.000,00 tambah convenience fee Rp 7.500,00). Sayang bayar mahal buat durasi pendek.

Kalo digabungin sama tiket Kereta Api Kutojaya Selatan semuanya jadi Rp 147.000,00. Rinciannya:

  • Tiket Kereta Api Kutojaya Selatan, Kiaracondong-Kutoarjo. Rp 69.500,00 (Rp 62.000 ditambah 7.500).
  • Tiket Kereta Api Logawa, Kroya/Gombong/Kebumen/Kutoarjo-Wates/Lempuyangan, Rp 77.500 (Rp 70.000 ditambah 7.500).

Masih kemahalan sih, bahkan diatas tarif batas bawah Kereta Api Lodaya bisnis. Jadi nggak terlalu disaranin naik Kereta Api Kutojaya Selatan lanjut Kereta Api Logawa. Kecuali kalo mau nyoba sih silakan aja. Bisa aja jadi alternatif lain Kereta Api Ekonomi Bandung-Jogja: Kereta Api Kutojaya Selatan lanjut Kereta Api Logawa.

Advertisements

One thought on “Kereta Api Ekonomi Bandung Jogja (3): Nyambung Kereta Api Logawa

  1. […] Api Joglokerto (Purwokerto-Jogjakarta), Kereta Api Logawa (Purwokerto-Jember). Kereta Api Prameks (Kutoarjo-Solo Balapan) dan Kereta Api Wijaya Kusuma […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.