Posted on

Ketika Livery Selendang Pecut Menghampiri Kereta Api Lodaya

Kereta Api Lodaya termasuk yang agak telat kebagian dan baru di pertengahan 2016 Livery Selendang Pecut menghampirinya. Meski untuk rangkaian khusus Lebaran masih pake Livery lama.

 

Entah kenapa admin pengen banget bikin tulisan tentang Livery Selendang Pecut yang kontroversial itu. Kenapa disebut kontroversial, sebab kehadirannya bikin pro dan kontra terutama di kalangan pecinta kereta api. Ada yang bilang bagus, oke-oke aja, tapi nggak sedikit yang mencibirnya dan nyebut masih lebih bagus livery lama.

Continue reading Ketika Livery Selendang Pecut Menghampiri Kereta Api Lodaya

Advertisements
Posted on

Pro Kontra Livery Selendang Pecut

Livery “selendang pecut” atau livery kesepakatan yang sekarang dipake di kereta api Indonesia mengundang pro dan kontra. Satu sisi ada yang nyebut elegan tapi nggak sedikit yang mencibir dan lebih suka sama livery kereta api model lama.


Livery Selendang Pecut pertama kali diperkenalkan waktu relaunching Kereta Api Jayabaya rute Jakarta Pasar Senen – Malang dan sebaliknya. Kereta Api ekonomi AC plus ini jadi yang pertama pake livery tersebut. Sebelum istilah selendang pecut populer, livery ini disebut kesepakatan. Disebut-sebut lebih elegan daripada sebelum-sebelumnya.

Continue reading Pro Kontra Livery Selendang Pecut

Posted on

Stasiun Lempuyangan dan Daurah Nasional Asy Syariah

Nyaris tiap tahun Stasiun Lempuyangan banyak disinggahi Thullabul Ilmi peserta Daurah Nasional Asy Syariah di Masjid Agung Manunggal Bantul. Kereta Api ekonomi jadi favorite mereka buat belajar sama ulama dari Timur Tengah di acara tersebut.

Khusus buat thullabul ilmi yang pilih naik kereta api buat hadir di Daurah Nasional Asy Syariah tiap tahunnya, hampir kebanyakan naik kereta api ekonomi yang berhenti di Stasiun Lempuyangan. Tarif murah jadi pertimbangan tersendiri, meski nggak sedikit juga yang pilih kereta api komersial non-subsidi.

Continue reading Stasiun Lempuyangan dan Daurah Nasional Asy Syariah

Posted on

Tragedi Kereta Api Pasundan di Solo Tahun 2010

Ini cerita lain dari Kereta Api Pasundan. Kejadiannya di tahun 2010 dimana salah satu rangkaiannya rusak parah dihajar massa pake batu di daerah Solo Jebres. Imbas dari kerasnya sepakbola Indonesia di masa lalu.

InSyaaAlloh disini mimin nggak cuma nyeritain ke kamu yang bagus-bagus, tapi kalo memang ada kejadian yang nggak begitu ngenakin tetap diinfoin ke kamu. Terutama berhubungan sama kereta api. Bukan mau ngungkit luka lama, tapi supaya kita bisa ambil pelajaran penting dari situ.

Continue reading Tragedi Kereta Api Pasundan di Solo Tahun 2010

Posted on

Kereta Api Pasundan, Penyelamat Pemudik dan Thallabul Ilmi

Dari tahun ke tahun Kereta Api Pasundan nyaris selalu jadi penyelamat para pemudik yang nggak kebagian tiket kereta api Kahuripan dan Kutojaya Selatan. Pernah juga ngaterin pulang thullabul ilmi yang baru kelar ngikutin acara Daurah Bantul.

Inilah rangkaian kereta api ekonomi paling legendaris yang ada di Bandung. Udah beroperasi dari tahun 1960-an mulai pake nama Express Siang Djaja, yang punya keunikan yaitu 2 rangkaian dipecah begitu masuk stasiun Kroya, satu rangkaian ke Jakarta sebagai Kereta Api Djaja, sisanya ke Bandung sebagai Kereta Api Express Siang.

Continue reading Kereta Api Pasundan, Penyelamat Pemudik dan Thallabul Ilmi