Posted on

Booking Tiket Kereta Api Pangrango Eksekutif H-30

Beda sama yang lain, booking tiket kereta api Pangrango Eksekutif baru bisa dilayani H-30 sebelum berangkat. atau sebulan sebelumnya. Seolah makin tegasin statusnya lebih ke lokalan daripada KAJJ.

Kereta Api Pangrango memang kaya dipersimpangan jalan. Di satu sisi statusnya udah kaya KAJJ, pake kereta api konvensional dan bukan lagi KRD macam pendahulu-pendahulunya di jalur Bogor-Sukabumi, udah gitu ada kelas eksekutif satu rangkaian sama ekonomi AC 106 penumpang.

Gerbong eksekutif memang cuma ada satu, karena peminatnya juga nggak sebanyak kelas ekonomi yang tiketnya cuma Rp 20.000,00. Biasanya orang booking tiket kereta api Pangrango eksekutif kepengen lebih nyaman aja, karena seatnya beda jauh sama ekonomi. Kalo soal AC baik eksekutif dan ekonomi sama-sama adem.

Kereta Api Pangrango di Persimpangan.

Tiket kereta api Pangrango eksekutif sendiri dibanderol Rp 50.000,00 jadi eksekutif termurah saat ini. Cuma masalahnya status itu tadi, di persimpangan, antara lokalan (perintis) sama KAJJ.

Salah satu ciri KAJJ itu tiketnya bisa dibooking jauh-jauh hari via channel external mulai H-90, ada sistem check-in dan boarding pass. Adapun KAJJ rata-rata pake sistem go-show mulai 1-2 jam sebelum berangkat. Ada sih yang tiketnya bisa dibooking, tapi nggak bisa online dan harus di stasiun, mulai H-7.

Nah, Kereta Api Pangrango rute Bogor Paledang – Sukabumi, termasuk kereta api Pangrango eksekutif itu tiketnya bisa dibooking H-30 dan bisa lewat channel external sehingga kamu nggak harus datang ke stasiun buat ngantri. Model ini mendekati KAJJ.

Ciri KAJJ lainnya ada sistem check-in dan boarding pass. Waktu tempuh dari Bogor ke Sukabumi kurang lebih 2 jam, nah kalo yang ini sih justru ngarahnya ke lokalan. Rata-rata kereta lokalan paling jauh dan paling lama memang 2 jam.

Udah gitu, Kereta Api Pangrango berhenti di hampir semua stasiun yang dilewatin. Ini juga mirip-mirip lokalan. Tercatat cuma 3 stasiun aja yang dibablasin: Stasiun Ciomas, Stasiun Cijambe dan Stasiun Pondok Leungsir. Selebihnya berhenti, termasuk di Stasiun Batu Tulis yang nggak terlalu jauh dari Stasiun Bogor dan Halte Bogor Paledang.

Kereta Api Pangrango Eksekutif vs Bus AC

Harga tiket kereta api Pangrango Eksekutif Rp 50.000,00 mungkin lebih mahal daripada bus AC. Tapi Kereta Api Pangrango punya keunggulan yang nggak dimiliki sama bus AC yaitu bebas macet.

Bogor ke Sukabumi lewat jalan darat, mau mobil pribadi, colt, odong-odong atau bus, pasti bakal ngadepin kemacetan parah di beberapa titik jalan raya Bogor-Sukabumi. Waktu tempuhnya lebih lama, bisa di atas 3,5 jam.

Belum lagi rata-rata bus yang beroperasi disitu masih kelas ekonomi (AC dan non-AC) dimana kita mesti siap kalo diserbu sama pengasong dan tukang ngamen. Sama ngetem berjam-jam di terminal nunggu terisi penuh. Kadang nggak sedikit pula yang harus berdiri nggak kebagian kursi.

Ini jelas jauh beda sama Kereta Api Pangrango eksekutif. Kursi nyaman, bebas dari segala pengasong sama pengamen. Berangkat nyaris selalu tepat waktu. Ya, kereta api mah nggak kenal namanya ngetem. Udah jadwalnya berangkat ya berangkat.

Booking Tiket Kereta Api Pangrango Eksekutif

Mau nyobain sensasi naik kereta api eksekutif yang tarifnya paling murah se-Indonesia? Booking sekarang juga tiket kereta api Pangrango Eksekutif di sini, tiket Rp 50.000,00. Tiketnya udah bisa dibooking H-30 sebelum berangkat.

Kalo misalnya hari ini 27 Januari 2018 (sebagaimana tanggal postingan ini), berarti kamu InSyaaAlloh udah bisa booking tiket kereta api Pangrango Eksekutif untuk keberangkatan 26 Februari 2018. 28 Januari 2018 bisa buat berangkat 27 Januari 2018, begitu seterusnya pokoke H-30. Cek di sini.

Cuma ada sedikit tips dari admin, usahain kamu nggak booking dadakan karena kita nggak tau boleh jadi di hari itu juga tiketnya habis. Kereta Api Pangrango memang laris manis dan banyak diminati.

Tiket ekonominya aja nyaris selalu ludes, sementara Kereta Api Pangrango Eksekutif walaupun nggak seheboh ekonomi bukan berarti bookingnya bisa nyantai-nyantai. Bagusnya jauh-jauh hari aja daripada nyesel.

Sama perhitungkan juga kalo mau naik Kereta Api Pangrango Eksekutif di akhir pekan. Disini nih biasanya penumpang membludak. Walaupun di persimpangan antara KAJJ sama Lokalan, Kereta Api Pangrango nggak ada tiket berdiri. Dijual sesuai kapasitas atau 100% ngikutin KAJJ.

Advertisements

Leave a Reply