Posted on

Ada KRL, Kereta Api Walahar Ekspres Nyampe Cikarang?

Double-double track masih dibangun tapi KRL Commuter Line udah di uji coba ke Stasiun Cikarang. Begitu dinas ada kemungkinan Kereta Api Walahar Ekspres nggak lagi ke Tanjung Priok.

Ada wacana Kereta Api Walahar Ekspres dipotong jadi cuma nyampe Cikarang, barengan sama ujicoba rangkaian KRL Commuter Line ke wilayah Kabupaten Bekasi itu. Tujuannya nggak lain buat optimalisasi rangkaian KRL Commuter Line, sehingga nggak ada lagi lokalan yang masuk ke ibukota.


Ngikutin Jalur Kulon (Green Line)

Wacana ini bisa jadi ngikutin jalur kulon (green line) dimana dari Tanah Abang sampai Rangkasbitung dikhususin buat KRL Commuter Line, sementara lokalannya dipotong jadi Rangkasbitung-Merak. Kebijakan ini juga yang akhirnya menutup rute Merak dari Kereta Api Krakatau, malah sampai namanya diganti jadi Kereta Api Singosari.

Hak ekslusif KRL Commuter Line sebelumnya udah kita lihat dan rasain sendiri di jalur Bogor. Kalo dulu di era 1990-an sampai sekitar 2004 masih ada rangkaian KRD lewat situ, sekarang udah nggak ada lagi. Bahkan setelah hidup lagi, jalur ke Stasiun Nambo juga dilayanin KRL Commuter Line.

Tanpa Lokalan di Jalur Timur (Blue Line)

Nah, kalo memang benar nantinya Kereta Api Walahar Ekspres yang sekarang melayani rute Stasiun Tanjung Priok ke Stasiun Purwakarta, rutenya bakal dipotong jadi cuma Cikarang-Purwakarta, berarti lintas timur (Blue Line/Bekasi Line) benar-benar bersih dari kereta api lokalan.

Selain Walahar Ekspres, Kereta Api Jatiluhur Ekspres yang cuma nyampe Stasiun Cikampek juga bakal terancam kena pemotongan rute. Nggak hanya itu, rutenya pun jadi pendek banget. Dari Cikarang ke Cikampek cuma ngelewatin sekiitar 6 stasiun saja, antara lain: Lemahabang, Kedunggedeh, Karawang, Klari, Kosambi dan Dawuan.

Rute yang jadi lebih pendek bisa mengancam keberlangsungan Kereta Api Jatiluhur Ekspres, kecuali kalo mau diperpanjang supaya nggak kehilangan peminat. Karena bisa jadi kalo cuma ke Cikarang doang sih mendingan bawa kendaraan sendiri, entah mobil atau motor.

Sementara itu Kereta Api Walahar Ekspres mungkin nggak terlalu ngefek, karena toh sekarang aja abis dari Cikarang cuma berhenti di 2 stasiun lagi: Cibitung dan Tambun. Abis itu langsung bablasin stasun-stasiun yang “hanya” melayani KRL Commuter Line, mulai dari Stasiun Bekasi dan baru berhenti di Stasiun Pasar Senen (PSE).

Harusnya sih, Kereta Api Walahar Ekspres sama Kereta Api Jatiluhur Ekspres masih tetap bisa bablas ke Stasiun Tanjung Priok kaya sekarang. Tapi dilewatin jalur yang buat KAJJ, bukan jalur KRL Commuter Line. Atau bisa juga nggak apa-apa tetap distop di Stasiun Cikarang, asalkan jumlah KRL Commuter Line ditambah.

Terutama KRL Commuter Line di jalur Tanjung Priok yang masih sedikit banget. Kalo ngikutin sama kondisi sekarang susah. Headway-nya masih 1 jam-an. Paling nggak jarak antar KRL di Jalur Tanjung Priok-Jakarta Kota itu 30 menit, supaya bisa mengakomodir penumpang Kereta Api Walahar Ekspres sama Jatiluhur Ekspres yang kena pemotongan rute.

 

Advertisements
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.